Jumat, 23 November 2012

Beberapa berita heboh yang sempat tersebar

Berbagai macam cara agar tenar, atau untuk meningkatkan rating atau untuk tujuan tertentu termasuk di antaranya membuat berita yang heboh. berikut beberapa contoh berita heboh yang sempat tersebar, dengan memberikan judul dan isi yang bohong (hoax) sehingga banyak yang sempat tertipu dan mempercayaai berita tersebut.

Panji Petualang mati di makan komodo.


Siapa yang tidak mengenal panji, seorang anak muda yang biasa bergelut dengan binatang-binatang berbahaya. Tiba-tiba di kabarkan mati dimakan komodo, berita ini berasal dari sebuah blog yang menyatakan bahwa panji mati di makan komodo, yang anehnya katanya kameramen yang sedang menyoting malah diam saja. tetapi di akhir postingan tersebut ternyata si admin mengatakan bahwa itu hanyalah mimpi.
 

Hercules Anjing Raksasa


Tipuan ini dimulai pada tahun 2007 dengan foto palsu yang konon menjadi anjing terbesar di dunia. Email mengatakan "Hercules baru-baru ini diberikan penghargaan sebagai anjing terbesar di dunia oleh Guinness World Records. Pemiliknya Mr Flynn mengatakan" Aku memberinya makan makanan normal dan tumbuh besar"  apakah anda percaya..?

Bangkai Peri


Pada tahun 2004 Dan Baines dari Derbyshire, Inggris membuat sesuatu kemudian disebarkan kepada publik itu adalah mayat seorang "peri," kemudian dipamerkan untuk dijual di eBay dan situs web-nya. Karangannya sangat meyakinkan sehingga situs nya mendapatkan lebih dari 20.000 kunjungan dalam satu hari. tetapi akhirnya ia harus mengungkapkan bahwa itu semua tipuan.

Charge iPod menggunakan sayuran

Ini berita yang menunjukkan Anda bagaimana cara untuk mengisi iPod menggunakan bawang merah dan segelas Gatorade. Ilmu semu memang seakan-akan masuk akal tapi banyak orang yang frustrasi dan terlihat bodoh dengan cara menghubungkan ipod ke dalam perangkat sayuran. gak sekalian di goreng ya iPodnya.


Tiga Angin Tornado


Berawal dari sebuah foto yang tersebar di email pada tahun 2002 yang menggambarkan ada 3 tornado (puting beliung) di tengah laut yang mendekati kapal kontainer. Tapi Layanan Cuaca Nasional AS mengungkapkan hal itu sebagai bagian editing dari aplikasi photoshop. Yang membuat tidak masuk akal di pandangan meteorolog adalah tiga tornado besar begitu dekat satu sama lain.

Bill Gates Bagi-Bagi Uang


Memang dia kaya dan dia adalah seorang dermawan besar, tetapi Anda tidak akan pernah mendapatkan uang dengan meneruskan surat berantai. Inilah yang terjadi pada tahun 1997, orang diminta untuk meneruskan email ke kontak mereka. Email mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan lebih banyak uang tergantung seberapa banyak email Anda yang dikirimkan kembali ke teman-teman Anda. Gimana  cara Bill Gates mengetahui si pengirim email terbanyak ya...

Laba-laba sejarah yang ada di Iraq


Yang satu ini dimulai pada tahun 2004 ketika email disebarkan, Hingga banyak orang yang bersimpati kepada pasukan Amerika di Irak, bukan hanya karena mereka harus berada jauh dari keluarga mereka atau karena zona perang yang berbahaya, tetapi lebih karena mereka harus berurusan dengan laba-laba prasejarah yang benar-benar mengerikan. Email tersebut menyatakan bahwa laba-laba dapat berjalan hingga 25 mil per jam, bisa melompat beberapa meter di udara dan dapat tumbuh hingga hampir 1 kaki panjang. Berita ini cukup dipercaya karena foto yang dilampirkan dengan email menunjukkan beberapa laba-laba yang sangat besar, ternyata itu hanya sudut yang membuat laba-laba terlihat begitu besar.

Jadi hati-hati saja setiap menerima berita, jangan langsung di percaya, di kroscek dulu kebenarannya. Karena setiap berita pasti berdampak pada si penerima berita.