Kamis, 04 Oktober 2012

Tips memperbaiki mesin air

Hari yang melelahkan hari ini... posting pada molor, blog tambah amburadul, terakhir posting tentang nambah penghasilan eh dirumah air habis, jadi gak bisa mandi, padahal mesin sedot air nyala, tetapi air tidak keluar... akhirnya telat untuk ngotak atik blog. malah ngotak atik mesin air dulu..

setelah di selidiki berikut kesimpulannya untuk menghadapi si mesin air rewel.

Kasus pertama
"mesin air matot alias mati total"
Mesin air mati total terdeteksi ketika listrik sudah terhubung dengan PLN, tetapi detak jantungnya tidak ada sama sekali (wuih lebay..) maksudnya pada saat disentuh body mesin tidak ada getaran sama sekali. ya sama seperti tidak terhubung dengan listrik sama
sekali..  kalau gejala mesin air anda sama seperti yang saya gambarkan, maka jangan panik dulu itu mudah anda tinggal ganti kapasitornya.. harganya sekitar 30 ribuan. langkah pertama anda putuskan dulu listriknya, kemudian buka penutup tempat kabel listrik nempel pada mesin air. lepas kapasitornya terus di bawa ke toko elektronik sebagai contoh. 
klik tombol ini
memperbaiki mesin air
kalau sudah dapet di pasang kembali..
oh ya bagi yang punya mesin cuci, tetapi tidak mutar, maka solusinya juga sama yaitu ganti kapasitornya juga.

Kasus Kedua
"Mesin air pingsan"
Nah, kalau yang ini mesin air mati tapi kalau body mesin disentuh masih ada getarannya. kasus yang kedua ini terpaksa anda harus buka rumah kipas yang nempel di body mesin. terus coba di putar dengan tangan. untuk jenis mesin tertentu hanya bisa di putar satu arah, tapi ada juga jenis mesin yang bisa di putar dua arah (bolak balik), untuk yang kasus seperti ini anda harus ingat arah putaran mesin anda jika tidak air tidak nai tetapi malah membuang ke arah sumur. jadi setiap mau menghidupkan mesin air anda harus mutar kipas mesin, ya agak sedikit repot  dari pada nimba, kan mendingan mutar kipas.

Kasus Ketiga
"Mesin hidup atau mutar, tetapi air tidak jalan"
Kasus yang ketiga ini ada 3 penyebab, yaitu penyebab pertama selang dari sumur ke mesin air ada yang bocor atau retak, coba di telusuri sekitar sambungan pipa, kalau perlu ganti dengan pipa baru. penyebab yang kedua katup pada ujung selang yang ada pada sumur mampet atau tidak main (buka tutup). penyebab yang ketiga air di sumur habis. heheheh..

dah ah kayaknya kasus yang sering di temui cuma ada 3 aja. selamat bekerja.