Minggu, 28 Oktober 2012

Daftar Parpol Yang Memenuhi dan Tidak Memenuh Syarat Administrasi



Daftar Parpol Yang Memenuhi dan Tidak Memenuh Syarat Administrasi | Hasil Verifikasi Partai Peserta Pemilu 2014 | Parpol yang memenuhi syarat administrasi ada 16 Parpol | KPU Umumkan PARPOL Yang Memenuhi Syarat Administrasi.Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan partai politik (parpol) yang memenuhi syarat administrasi sebagai calon peserta Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2014.

Pengumuman ini dilakukan bertepatan dengan tanggal 28 Oktober 2012 yang merupakan hari Sumpah Pemuda, sehingga memiliki momentum yang penting, dengan semangat kenegaraan kita untuk memperkuat perkembangan demokrasi di Indonesia.



Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU, Husni Kamil Manik dalam konferensi pers yang diselenggarakan KPU di ruang sidang utama lantai 2 KPU, Minggu(28/10). Hadir dalam konferensi pers tersebut seluruh Komisioner KPU, Sekretaris Jenderal KPU, Wakil Sekretaris Jenderal KPU, dan perwakilan dari Bawaslu yang diwakili oleh Anggota Bawaslu, Nasrullah.

“Hari ini merupakan bagian akhir dari hasil verifikasi administrasi yang telah dijadwalkan, dan kami terlebih dahulu memutuskan untuk merubah Peraturan KPU Nomor 7 dan 8 Tahun 2012 yang menjadi pedoman dalam proses pengambilan keputusan rapat pleno yang baru saja usai menjelang Maghrib tadi,” papar Husni Kamil Manik.

Penundaan pengumuman ini merupakan konsekuensi dari perubahan peraturan itu, tambah Husni, juga melandasi perubahan waktu untuk melakukan kegiatan verifikasi faktual, beserta proses pelaksanaannya nanti. Khusus untuk Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2012, hal yang menjadi fokus dalam perubahan itu menyangkut verifikasi faktual keanggotaan, dimana KPU menyatakan bahwa verifikasi faktual keanggotaan akan dilakukan untuk membuktikan apakah keberadaan keanggotaan parpol secara administratif dan faktual nyata ada di tingkat kabupaten/kota.

“Kita akan meneliti apakah komposisi keanggotaan 1000 atau 1/1000 berdasarkan jumlah penduduk setiap di 497 kabupaten/kota, tidak termasuk Daerah Otonom Baru (DOB) yang ditetapkan DPR baru-baru ini,” ujar Husni.

Husni juga menambahkan, KPU dalam melakukan perubahan tersebut, juga mempertimbangkan putusan MK Nomor 52/PUU/X/2012. Dalam putusan MK tersebut, pada bagian menimbangnya disebutkan bahwa dengan adanya putusan mengenai pasal-pasal Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 terutama terkait ketentuan mengenai verifikasi partai politik, maka segala sesuatu yang berakibat secara hukum dengan proses penyelenggaraan pemilu legislatif Tahun 2014 harus disesuaikan dengan tidak mengubah jadwal pemungutan suara

Hasil verifikasi administrasi kelengkapan syarat partai politik sebagai calon peserta pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2014 sebagai berikut :


Pertama, parpol yang memenuhi syarat administrasi ada 16 parpol, yaitu 

  1. Nasional Demokrat (NASDEM), 
  2. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), 
  3. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 
  4. Partai Bulan Bintang (PBB), 
  5. Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), 
  6. Partai Amanat Nasional (PAN), 
  7. Partai Golongan Karya (GOLKAR), 
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS), 
  9. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), 
  10. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), 
  11. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), 
  12. Partai Demokrat, 
  13. Partai Persatuan Pembangunan (PPP), 
  14. Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), 
  15. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), dan 
  16. Partai Persatuan Nasional (PPN).


Kedua, parpol yang tidak memenuhi syarat administrasi ada 18 parpol, yaitu 

  1. Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), 
  2. Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI), 
  3. Partai Kongres, Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), 
  4. Partai Karya Republik (PAKAR), 
  5. Partai Nasional Republik (NASREP), 
  6. PARTAI Buruh, 
  7. Partai Damai Sejahtera (PDS), 
  8. Partai Republika Nusantara (REPUBLIKAN), 
  9. Partai Nasional Indonesia Marhaenisme (PNI-M), 
  10. Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), 
  11. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), 
  12. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), 
  13. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), 
  14. Partai Republik, Partai Kedaulatan, 
  15. Partai Bhinneka Indonesia (PBI), dan 
  16. Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI).

Husni juga mengingatkan kepada parpol yang telah memenuhi syarat administrasi agar mempersiapkan diri. Verifikasi faktual ini akan membuktikan bahwa seluruh dokumen parpol yang dinyatakan undang-undang harus diperiksa secara fisik keberadaannya di daerah.

“KPU berharap 16 parpol yang lolos verifikasi administratif ini bisa segera mempersiapkan diri untuk verifikasi faktual dan verifikasi ini hanya menyisakan satu kali perbaikan, setelah itu kita akan melakukan pemeriksaan terhadap hasil perbaikan, kemudian kita akan mengambil keputusan final mengenai parpol yang memenuhi syarat sebagai peserta pemilu 2014,” ujar Husni di akhir konferensi pers tersebut.
Daftar Parpol Yang Memenuhi dan Tidak Memenuh Syarat Administrasi Klik Disini 
Sumber  :   kpu.go.id