Senin, 15 Oktober 2012

Sipiso-Piso Panorama Indah di Tengah Sumatera Utara


Air Terjun Sipiso-Piso Panorama Indah di Tengah Sumatera Utara .Nama Sipiso-piso konon berasal dari kata piso atau pisau. Warga sekitar melihat bentuk air terjun yang menghujam itu mirip dengan sebilah pisau. Saat mandi di dasar air terjun dan merasakan guyuran air serasa seperti dihujani ribuan pisau. Ada juga yang mengatakan bahwa nama Sipiso-piso melekat pada air terjun itu karena lokasinya hanya selemparan batu dari Bukit Sipiso-piso.

Air terjun Sipiso-piso berada di ketinggian lebih kurang 800 meter di atas permukaan air laut. Air terjun ini jatuh dari tebing setinggi 120 meter menuju lembah yang dikelilingi perbukitan dan pohon pinus. Airnya langsung mengalir ke Danau Toba, Desa Tongging yang hanya berjarak 2 kilometer. Itu sebabnya, selain menikmati air terjun, Anda bisa langsung melihat lanskap danau vulkanik terbesar di dunia itu.

Anda bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Sipiso-piso dari tebing di atasnya. Di tebing atas juga banyak menyajikan makanan dan souvenir. Namun anda akan jauh lebih terasa nikmat ketika anda turun kebawah. Sekitar 1 kilometer untuk berjalan. disetengah perjalanan anda akan ada di pos peristirahatan. Butuh waktu kurang lebih satu jam untuk kebawah dan terasa melelahkan. Namun kelelahan itu dibayar dengan keindahan alam Sipiso-piso. Percikan air yang keras membuat suasana terasa menyenangkan. Suara bising air menambah suasana indahnya air terjun ini.

Anda bisa mengajak teman atau keluarga ke tempat ini. Ketika anda turun, anda harus mempunyai stamina yang kuat. Apalagi ketika pulang dan ingin naik keatas. Anda harus menyimpan stamina anda dari bawah dengan beristirahat sebentar karena perjalanan keatas sangat melelahkan. Namun jika anda tidak sanggup, alangkah baiknya menikmati panorama ini dari atas saja. Itu sudah cukup untuk menghilangkan penat anda dari kesibukan keseharian anda di tempat dimana anda tinggal dan bekerja. 

Untuk masuk ke objek wisata ini, anda harus membayar Rp.5000 untuk kendaraan beroda dua. Untuk kendaraan roda empat saya tidak tau, karena belum pernah mencoba.hehehe.
Apabila anda dari Medan, anda akan melewati daerah Sibolangit, Berastagi, Kabanjahe, dan terus menuju desa Merek. Namun berhati-hatilah ketika berada di desa Tiga Panah, karena jalan rusak penuh lubang sekitar 50 centimeter dengan diameter lebih kurang 1 meter. Apalagi musim hujan, jalanan becek dan licin.

Namun, keindahan pesona Air Terjun Sipiso-piso tidak sebanding dengan kebersihan dan kelayakannya. Sepertinya pemerintah setempat hanya meraup keuntungan saja. Tetapi tidak memperdulikan kebersihan dan penyediaan infrastruktur yang mendukung objek wisata ini. Seperti jalan menuju kebawah yang berbatu dan berbahaya. Tidak ada tiang pegangan tangga sehingga membahayakan orang yang ingin turun atau naik. Padahal setiap tahunnya tempat ini dipenuhi para pengunjung baik lokal, luar daerah, bahkan turis asing.
Sipiso-Piso Panorama Indah di Tengah Sumatera Utara