Selasa, 11 Desember 2012

Tips dan saran buat para blogger



Posting ini saya buat, karena melihat fenomena yang terjadi di dalam dunia online khususnya yang ada pada para blogger. Banyak hal yang saya rasakan kurang pas atau tidak tepat pada tempatnya. Bukan berarti saya orang yang paling tepat, justru saya orang yang juga ikut-ikutan tidak tepat, sebagai akibat dari arus yang terbentuk dalam dunia blog. Maka dari itu saya buat Tips dan saran buat para blogger, baik yang sudah menjadi master maupun yang baru mencoba membut blog seperti saya.

Sebelumnya saya akan coba paparkan beberapa keanehan dulu, hal ini saya gambarkan dari blog saya sendiri, bagi yang merasa sama dengan nasib blog saya jangan tersinggung ya, "Jika terdapat kesamaan nama, kondisi, lokasi dan latar belakang dari posting kali mohon di maafkan, karena tidak di sengaja".  Berikut keanehan yang saya temukan :

  1. Banyak orang yang online, mungkin setengah dari total yang online, bertujuan untuk mencari artikel yang dijadikan inspirasi dari isi blognya. Sehingga terjadilah copas artikel, hal ini bisa terjadi karena ambisi dari tujuan nge-blognya.
  2. Ambisi nge-blog, bukan lagi berdasarkan untuk saling berbagi informasi tetapi untuk mendapatkan keuntungan di balik informasi yang diberikan.
  3. Terkadang informasi yang diberikan, berisi kebohongan, dan hal-hal yang memancing seperti pornografi dan hal yang berdampak negatif lainnya, sehingga hal seperti ini berdampak orang tidak lagi percaya dengan informasi yang tersebar secara online. dan ini juga dapat berdampak pada blogger itu sendiri.
  4. Berkomentar hanya sekedar mendapatkan keuntungan blog, terkadang postingan tidak dibaca, langsung komentar saja, yang penting blognya naik. sekali lagi ambisi blog yang membentuk para blogger berprilaku seperti ini. Akibatnya artikel tidak ada gunanya lagi, hanya sebagai bahan pemancing pengunjung dan bukan untuk saling berbagi. Coba saja baca setiap komentar yang ada pasti isinya sekedarnya saja.
  5. Kalau sudah mendapatkan posisi traffic tinggi, maka posting hanya sebagai kegiatan rutin bahkan tanpa di isi dengan informasi yang layak, ya sekedar menuruti keinginan si mbah google. Dan anehnya para komentatorpun bejibun berkunjung layaknya laron menghampiri lampu.
  6. Iklan yang di pajang kadang memenuhi tampilan layar monitor, sehingga artikel yang dibutuhkan pengunjung tidak dapat di baca. 
  7. Sampai menonaktifkan klik kanan karena takut di copy, padahal setiap informasi yang di bagi terkadang butuh untuk di copy. dan setiap informasi yang sudah disebarkan berarti sudah menjadi kebutuhan umum, bukan pribadi lagi. jika tidak ingin di copas, gak usah di publish informasinya.
Ya itu sekelumit dari keanehan yang saya temukan dan yang pernah saya lakukan karena terbawa ambisi. Untuk di ketahui bahwa semua perilaku kita sebagai blogger jika melakukan hal di atas akan merugikan kita sendiri, khususnya bagi para pembisnis online. Coba bayangkan ambisi yang begitu besar terhadap blog, kalau tidak tercapai target maka pasti akan sangat kecewa. Sehingga blog yang sebelumnya bisa kita fungsikan untuk berbagi informasi malah menjadi berbagi stress. Untuk itu saya sarankan :
  1. Gunakan blog untuk berbagi informasi yang kita miliki, dengan jujur jangan di isi dengan kebohongan, atau merugikan pihak lain seperti copas.
  2. Iklan bisa di pasang tapi tujuan utama tetap berbagi informasi. jika tidak dapat keuntungan dari iklan tidak jadi masalah toh kita sudah berbagi. Kalau dapat untung itulah bonus dari berbagi.
  3. Usahakan pembahasan yang jelas sehingga para pencari informasi bisa memahami yang kita bahas.
  4. Posting jika ada yang mau dibagi, jangan di paksa harus posting, sampai-sampai copas dari blog temannya sendiri.
Sekali lagi maaf, bukannya mau menyinggung para blogger atau menggurui, tetapi melihat fenomena yang ada bisa berdampak kurang baik. Jangan-jangan 5 tahun lagi yang menggunakan internet hanya para blogger, yang saling cari informasi dan komentar, yang mana semuanya sudah paham dengan iklan PPC, Affiliate dan lain-lain. Jika semua sudah paham buat apa iklan seperti PPC, toh tidak ada yang mau mengklik juga. Mungkin sekian dulu sok tau nya saya tentang tips dan saran buat para blogger.