Kamis, 20 Desember 2012

Tips antisipasi dari kemalingan



Tips antisipasi dari kemalingan dibuat dan dibagikan sebagai hasil dari riset dan wawancara dengan mantan pencuri atau perampok yang sudah insyaf. Walaupun tips antisipasi dari kemalingan ini di ambil dari hasil riset bukan berarti rumah anda tidak akan kemasukkan maling sama sekali. Paling tidak mengurangi kemungkinan kemasukkan maling. Seperti yang kita ketahui para penjahat lebih maju selangkah dari pada system keamanan yang dibuat. Tetapi kita tidak boleh pasrah tanpa berbuat untuk mencari cara agar maling tidak menjadikan tempat anda sebagai ladang keuntungan bagi si maling. Terkadang karena sedikit kesalahan yang anda buat untuk mengantisipasi maling malah hal itulah yang bisa memicu maling. Karena mungkin anda belum melihat atau membaca hal-hala dari sisi si maling. Misalkan membayar petugas keamanan untuk menjaga rumah anda, ternyata petugas itulah penyebab kemalingan karena dia adalah teman dari si maling. Nah bagaimana tip antisipasi dari kemalingan ini, berikut ulasanannya:


1). Bagi yang baru merancang rumah, maka desainlah rumah dengan lebar jendela kira-kira 40 cm, Posisikan pintu rumah menghadap ke tempat umum, atau yang bisa di lihat oleh orang banyak. Sehingga maling tidak menemukan cara yang aman masuk kerumah anda.

2).  Bagi  yang mau berpergian, jangan tinggalkan jejak informasi bahwa anda sedang berpergian, baik dari sisi kondisi gambaran rumah maupun dari informasi yang diberikan ke ketetangga. Kalau anda berada di daerah yang sudah terkenal dengan solideritas yang tinggi, maka tidak mengapa kalau anda titip rumah dengan tetangga. Hal ini di lakukan agar informasi anda sedang berpegian tidak sampai ke telinga maling.

3).  Hindari membangun rumah dengan tampilan mewah. Terkadang karena untuk jaga gengsi rumah sering di bagun terlihat mewah, Sederhanakan tampilan dari sisi luar tetapi mewah dari sisi dalam.  Karena tampilan mewah berdampak buruk untuk kemanan rumah anda. Sebab setiap maling selalu mentargetkan hasil curian yang besar, dengan cara menduga-duga target di incar adalah orang yang memiliki banyak harta. Dan hal yang memberitahu maling bahwa anda memiliki harta yang banyak adalah tampilan rumah anda.

4).  Jika tampilan rumah mewah adalah idaman anda, maka usahakan memiliki pagar sekeliling rumah, dan harus memliki ruangan khusus menerima tamu yang terpisah dari bangunan rumah anda. Hal ini untuk mengantisipasi bagi orang yang berpura-pura berkunjung yang sebenarnya hanya kepingin melihat isi rumah anda.

5).  Hindari menerima tamu yang tidak di kenal dengan mengajaknya masuk kerumah anda. Ajaklah berbicara di teras atau di depan rumah. Untuk menutupi isi dari rumah anda.

6).  Usahakan sekitar area rumah anda tidak ada tempat untuk nongkrong, yang bisa dipakai orang banyak untuk bersantai. Yang di kawatirkan akan di manfaatkan maling untuk "Menggambar" rumah anda. Maksud menggambar adalah, para maling biasanya sebelum beroperasi mereka membaca rumah target, mulai dari situasi sampai tempat masuk yang aman dan tempat untuk keluar yang aman. Jadi kalau ada tempat untuk nongkrong maka tempat itu bisa di manfaatkan mereka untuk berpura-pura nongkrong. Terkadang jika di area rumah anda ada warung makan, maka warung tersebut bisa di jadikan tempat mereka untuk mendapatkan informasi.

7).  Hindari informasi yang menyatakan bahwa anda adalah orang kaya.

8).  Hindari hidup dengan prinsip jaga gengsi.

9).  Hiduplah sederhana, hati tenang, tidur nyenyak, nyawa aman dari ancaman maling.

Yap itu tip antisipasi dari kemalingan yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat, mengingat sekarang di kota saya lagi musim maling kayak musim duren.