Kamis, 13 Desember 2012

AKIBAT BURUK MELEPAS BATERAI LAPTOP PART II






Assalamu’alaikum Wr Wb





Kali ini saya akan melanjutkan post yang menjadi popular
post di blog Hariez Gibbs, tahukan ? itu loh posting yang berjudul “ Akibat buruk melepas baterai Laptop saat di charge “. Jika belum pernah membacanya,
alangkah baiknya baca dahulu agar bisa mengikuti post ini.





Postingan ini saya beri judul sama, yaitu Akibat Buruk Melepas Baterai Laptop saat Di charge tetapi saya tambahkan part II, jadi
judulnya “Akibat Buruk Melepas Baterai Laptop saat Di charge part II”. Jika di
part I saya menjelaskan akibatnya secara umum, kali ini saya akan
menjelaskannya secara spesifik alias khusus. Jadi buat para komentator sadis di
part I alangkah baiknya membaca lanjutan ini. OK langsung saja saya mulai!





Melepas baterai laptop saat di
charge memang cukup berbahaya. Inilah pengalaman saya sendiri beberapa waktu
lalu, pada hari rabu 12 desember 2012 saya mencoba mencharge laptop ASUS X401U
dengan melepas baterai laptop. Memang laptopnya menyala dan normal saja, tetapi
saya sedikit was-was karena LCD laptop ASUS X401U semakin lama semakin buyar
tampilannya. Akhirnya saya men-shutdown laptop saya dan memasang kembali
baterai laptop saya tetapi ada keanehan yang terjadi, yaitu LCD laptop ASUS
X401U tidak menyala padahal mesin laptop sudah menyala, sampai disini saya
semakin was-was kalau laptop yang baru saya beli 6 hari lalu rusak hanya karena
melepas baterai saat di charge, padahal mereknya ASUS yang terkenal daya
tahannya.





Setelah itu saya mematikan laptop
ASUS X401U milik saya dan saya hidupkan kembali. Alhamdullilah LCD laptop
menyala kembali dengan normal, sampai masuk ke desktopnya, smapai disini semua
normal saja. Keanehan muncul kembali saat baterai Laptop ASUS x401U mulai
melemah dan saatnya untuk di charge, anehnya
touchpad
nya malah jadi eror. Jadi setiap saya sentuh touchpadnya, kursor mouse bergerak sendiri dengan gerakan tak
menentu, padahal jari saya diam saja di touchpad.
Rasa was-was kembali menghantui saya. Namun saya mencoba tenang dan mencari
jalan keluarnya, langkah awal yaitu dengan melepas kabel charge di laptop,
ternyata langkah ini berhasil menghentikan gerakan cursor mousenya. 





Setelah saya tahu penyebabnya adalah
arus listrik dari baterai. Saya men-shutdown laptop kemudian saya charge full
dan Alhamdullilah kembali normal seperti sediakala. Dari kejadian ini saya
menyimpulkan “ melepas baterai laptop saat di charge memang penuh dengan resiko
“.


Mungkin Anda tidak setuju dengan
pendapat saya kalau melepas baterai laptop saat di charge berbahaya, saya perlu
tekankan disini.


  1. Setiap Laptop
    itu berbeda, tetapi secara umum sama

  2. Arus listrik
    di setiap tempat juga berbeda, kadang naik-turun atau stabil.

  3. Pengalaman setiap
    orang berbeda-beda.

  4. Daya tahan
    laptop itu berbeda-beda tergantung pabrikannya.

  5. Keberuntungan setiap
    orang juga berbeda.



Saran saya terhadap pengguna
laptop/notebook atau netbook jika memang terpaksa melepas baterai laptop saat
di charge yaitu :


  1. Pakailah stabilizer
    arus/tegangan listrik.

  2. Jika tidak ada
    stabilizer, pastikan tegangan di tempat Anda mencharge laptop tanpa baterai
    stabil. Biasanya listrik yang mempunyai daya 900 Watt lebih stabil dari pada
    450 Watt saat digunakan bersama peralatan yang lainnya.

  3. Jangan terlalu
    sering melepas baterai laptop saat di charge. Lebih baik rusak baterai laptop
    dari pada laptopnya.



Dengan kejadian yang saya alami
karena melepas  baterai laptop saat di
charge, saya juga menyimpulkan kalau akibatnya masih lebih banyak dan bisa
lebih serius dari yang saya alami.





Ternyata bukan saya saja yang
mengalami hal ini, ada juga yang mengalami kejadian persis seperti saya yaitu
di forum indowebster bisa di lihat dan dibaca DISINI.