Minggu, 19 Februari 2012

STOP! WORD VERIFICATION

Hello sobat Gibbs. Hariez kali ini akan posting seputar blog lagi. Kali ini Hariez akan membahas tentang kode atau tulisan verifikasi ketika berkomentar. Verifikasi ini dikenal dengan nama 'CAPTHA' dan sering diplesetin menjadi 'CAPCAY', kode verifikasi yang dipakai pun bermacam-macam, ada yang memakai angka, centang kotak bukan spam, tulisan dan angka+tulisan+centang kotak (paling ribet). Bagi sebagian blogger kode verifikasi ini sangat penting mengingat jumlah pengunjung dan komentar yang berpotensi SPAM, namun, disisi lain. Kode ini menjadi penghalang atau lebih tepatnya hambatan bagi pengguna mobile yang belum canggih (dibawah tahun 2008). Karena, jika blog mobile yang ingin berkomentar di blog yang di pasang kode verifikasi akan sulit untuk berkomentar dan terhalang oleh verifikasi yang kadang-kadang memakan banyak data (MB). Namun, yang lebih parah lagi! Kode verifikasinya terpotong sehingga kalimat atau angkanya tidak jelas! Jika sudah seperti ini maka alternatif lain bagi blogger mobile yang sabar adalah dengan melihat tampilan versi WEB!



Tentu hal ini akan membuat banyak data terbuang apalagi jika harus reload halaman ketika komentar sudah ditulis. Hal inilah yang sering membuat pengunjung blog menjadi 'silent reader', contoh seorang blog mobile adalah saya. Saya menggunakan HP NOKIA N70 yang saya sulap menjadi laptop, tetapi tetap saja ada kekurangan. Dan semua hal diatas adalah realita tak ada rekayasa! Jika tak percaya!? Saya punya no HP ROY SURYO.



Saran saya pada blog yang menerapkan sistem word verifikasi adalah:



1. Jangan aktifkan tampilan handphone.



2. Pakai word verifikasi yang mudah, seperti angka atau centang kotak.



3. Jika sudah memakai word verifikasi jangan pakai lagi "komentar anda akan terlihat setelah disetujui" hal ini mengesalkan bagi seorang blog mobile.



4. Jika blog kita ingin banyak teman maka jangan pasang word verifikasi karena susah untuk blog walking. Namun, jika blog kita berisi pengetahuan dll dan kita jarang membalas komentar maka bisa pasang word verifikasi namun harus mudah!



Nah itu adalah keluhan sekaligus saran buat atau untuk blog yang pasang word verifikasi.