Rabu, 15 Februari 2012

Drive Hilang Setelah Install Windows 7


Kemarin waktu saya disuruh mngistall ulang Laptop teman saya "Dengan Hati Riang Gembira" Akhirnya Windows 7!! Yessss!! tidak lelet lagi. Haseekk... :D

Kegembiraan itu berakhir ketika saya tekan tombol WINDOWS+E (explorer), saya melihat di situ tidak ada Driver D di sebelah Driver C! Anjriitt.... Kenapa ini terjadi padaku? TT^TT Dimana Data-data ku? Hualuahhhh!!
Tak pikir panjang lagi, langsung saya tanyakan pada Om Google kenapa Drive D hilang setelah Install Windows 7? masih saja tidak ketemu, kemudian saya search lagi dengan bahasa alien "drive d lost after install windows 7" muter-muter di forum-forum. eh gak nemu juga...

Dan akhirnya saya tidur sebentar setelah bangun teman saya ada yang mengasih tahu caranya mengembalikan hilangnya drive d setelah install window 7 / partisi hardisk hilang setelah install window 7. Berikut Langkah-langkahnya kawan:

Klik "Windows" di pojok kiri bawah taskbar
  1. Klik Kanan "Computer" pilih "Manage"
  2. Muncul jendela baru "Computer Management"
  3. Arahkan ke "Computer Management" >> "Storages" >> Disk Management"
  4. Klik kanan Partisi HDD Anda yg belum dinamai >>
  5. Pilih "Change drive letter and Path" >> Pilih "Change..." >>
  6. Pilih Drive Letter yg Anda suka, misal D:, E: dll >> lalu pilih "OK"
- Lakukan langkah yg sama pada partisi2 yg belum dinamai / belum tampil di Windows Explorer

Saya jamin deh, Semua Drive / Partisi Harddisk kawan-kawan yang hilang akan muncul kembali dengan pilihan letter sesuai dengan selera :) Gimana? Berhasilkah? Jangan lupa kasih comment-nya ya kawan :)