Minggu, 12 Februari 2012

APLIKASI PENGOLAH KATA (Word Processing)

Hallo sobat Gibbs semua... Bagaimana nih kabarnya? Baikkan? Oh ya ni sobat Gibbs, kali ini hariez akan mencoba mengupas tentang aplikasi pengolah kata. Seperti yang kita semua tahu, aplikasi ini sangat diperlukan pada saat kita akan membuat makalah, laporan, artikel atau sekedar iseng saja. Mungkin bagi kalian aplikasi pengolah kata hanya MS Word (microsoft word) saja. Ya, ini karena aplikasi ini memang sangat familiar dan digunakan di sistem operasi berbasis windows yang banyak digunakan di Indonesia khususnya kantor dan sekolah-sekolah. Tapi apa kalian tahu aplikasi pengolah kata (Word Prosesing) selain MS Word?? Ok, bagi yang belum tahu, kini waktunya hariez ngasih tau dan yang udah tau bisa ngasih kritik dan saran.



Ini dia daftar Aplikasi Pengolah kata selain MS Word:



1. NOTEPAD



Notepad adalah aplikasi pengolah kata bawaan sistem operasi Windows. Jadi setiap menginstal Windows notepad biasanya otomatis akan ter-instal.

Notepad merupakan editor teks yang sederhana, Notepad biasanya digunakan oleh pembuat program untuk menuliskan kode program atau merubah konfigurasi contohnya untuk merubah HTML.



2. WORDPAD



Wordpad sendiri merupakan aplikasi pengolah kata bawaan dari sistem operasi Windows. Walaupun bawaan dari Windows, Wordpad mempunyai fitur yang lebih lengkap dari saudaranya yaitu Notepad karena Wordpad mempunyai kemampuan menyisipkan tanggal, obyek, memformat tulisan, meratakan paragraf, memasukan bullet dan mengatur tabs sebuah tulisan. Untuk menjalankan Wordpad hampir sama dengan Notepad.



3. StarOffice Writer

StarOffice Writer adalah program aplikasi pengolah kata yang hampir mirip dengan Microsoft Office perbedaannya hanya terletak pada extensinya saja. Jika MS Word menggunakan extensi .doc maka StarOffice Writer menggunakan extensi .odt namun bisa diganti menjadi .doc. StarOffice mengkombinasikan fungsi pengolah kata, HTML editing, spreadsheet, desain grafik, presentasi, e-mail, news reader, penjadwalan atau agenda dan database.

StarOffice dapat dijalankan pada sistem operasi berbasis Windows dan Mac OS (Apple).



4. Open Office Writer

Aplikasi pengolah kata ini merupakan sebuah aplikasi seperti MS Word bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL(General Public Lisensi). Sehingga program ini bebas didistribusikan secara gratis.

Fitur yang terdapat dalam Open Office Writer antara lain: Tabel dalam Open Office Writer dapat melakukan kalkulasi formula (menjumlah antar cell). Open Office memiliki fasilitas bawaan "export as PDF" sehingga tidak perlu membeli Adobe Acrobat untuk membuat file ber extensi .pdf. Open Office Writer juga dilengkapi Style, header, footer, numbering fami naik merge seperti yang dimilik Microsoft Word.



5. AbiWord




http://maul-underground.blogspot.com/


Sama seperti Open Office, Abiword merupakan aplikasi yang berlisensi GPL dan dikembangkan oleh komunitas OpenSource. Program ini bisa kita dapatkan secara gratis dengan mendownload dari situs resminya di www.abiword.org secara gratis. Abiword mempunyai ukuran kecil yaitu sekitar 5 MB.



6. KWord

Aplikasi ini menggunakan lisensi GPL dan dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan di sistem operasi berbasis Linux. Aplikasi pengolah kata ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS. KOffice juga menyediakan aplikasi pengolah kata yakni KWord, KSpread untuk spreadsheetr, KPresenter untuk presentasi, KChart untuk chart dan KFormula untuk formula editor.



7. Atlantis Word Processor



Atlantis Word Processor merupakan salah satu aplikasi pengolah kata dan memiliki tampilan hampir mirip seperti MS Word. Atlantis mendukung format-format extensi seperti Document (doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan format text standar (txt).



Itu adalah sebagian kecil dari Aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang sebenarnya terdapat puluhan bahkan ratusan lainnya. Dan yang merasa bosan dengan MS Word bisa mencoba salah satu aplikasi pengolah kata yang tadi dijelaskan di bawah sini.



1. Notepad++ 5.9.8

2. StarOffice writer 8

3. Open Office Writer

4. AbiWord

5. KWord

6. Atlantis Word Processor



note :

pengin dapet duit?? klik disini