Rabu, 15 Februari 2012

KUMPULAN PUISI RENUNGAN

KUMPULAN  PUISI RENUNGAN


Dengarkan Suara Hatimu
Memang hati adalah sebuah rahasia ilahi, tetapi saya yakin, sesungguhnya hati adalah pintu kita dalam memahami segala sesuatu , dan bahkan sebenarnya pintu rahasia menuju sumber-sumber pengetahuan hakiki. Yang menjadi masalah kita sebenarnya adalah, kita seringkali tidak mendengarkan suara yang digumamkan hati kita. Kita menjadi tuli dan tak mengenalnya. Ia menjadi seseorang yang berbeda, bahkan melawan kita. Barang kali kita memang belum berhasil membangun hubungan yang baik dengan suara suara nurani kita.

Saya pernah mendengar ulama di zaman dulu sering melakukan puasa bicara agar ia mampu mendengar dengan jelas bisikan-bisikan pengetahuan dan kebijakan yang keluar dari suara ilahi.
Kini saya mau mencoba untuk lebih serius mendengar suara itu. Kadang ia memberi tahuku akan adanya sesuatu yang masih misteri bagiku. Kadang ia mengingatkanku agar istighfar ketika tak sadar aku melakukan dosa. Kadang ia mengajariku memaknai berbagai peristiwa.
Tapi kadang ia seperti melawanku, atau mengkhianatiku. Agaknya aku mesti bersahabat dengannya, sehingga ia menjadi sahabat bagiku. Barangkali aku perlu mempelajari suara-suara apa yang disampaikan alam hati ku ini. Aku yakin, disitulah bermuara semua pengetahuanku, semua pengalamanku, bahkan semua pemahaman bawah sadarku. Bukan di otak, tapi di hati itulah ia berada. Ia akan tetap hidup. Ia akan tetap hidup bahkan saat aku meninggalkan alam fana ini.
Bahkan kuyakin juga, disanalah sesungguhnya pintu pengetahuan hakiki bisa kita masuki. Walau kita belum tau cara membukanya