Selasa, 21 Februari 2012

ROME WAS NOT BUILT IN A DAY

"Rome was not built in a day, Roma tidak didirikan dalam satu hari". Pepatah tersebut mengisyaratkan bahwa sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil, seribu langkah dimulai dari satu langkah, satu milyar dimulai dari angka 0, dan seterusnya. Setiap langkah demi langkah tentunya membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Tanpa kesabaran, segala sesuatu tidak terwujud dengan sempurna atau bahkan sia-sia!







Inti dari pepatah diatas adalah sebuah kesabaran. Tetapi sering disalah artikan oleh sebagian manusia yang memaknai sabar identik dengan lambat, pelan, santai dan berjalan apa adanya Atau sering digambarkan dengan kura-kura. Kesabaran adalah awal dari keberhasilan! Seperti saya ini, kali ini saya sedang mengidam-idamkan komputer. Tetapi apa daya, saya belum bekerja dan masih sekolah sementara orang tua saya berpenghasilan pas-pasan dan alhamdulilah bisa bayar sekolah. Tapi saya tak bisa diam di tengah keinginan saya, untuk mencapainya saya harus menabung sedikit demi sedikit agar bisa membeli komputer dan yang paling penting alon-alon asal kelakon.



"Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu merubah nasibnya sendiri" penggalan ayat tersebut juga dimaknai dengan kesabaran. Seperti yang kita tahu, untuk mencapai sesuatu yang maksimal, maka kita harus memberikan secara maksimal yang ada pada diri kita, barulah kita ber-tawakal pada Allah.



Maka dari itu, Saya mengajak diri saya sendiri dan juga teman-teman agar bersabar dalam menghadapi segala permasalahan yang sulit dan pelik. Namun harus diingat! Sabar disini bukan sabar seperti kura-kura tetapi kesabaran yang dimaknai dengan cara atau metode menyikapi permasalahan dengan tegar, menunggu waktu yang tepat untuk menyelesaikan, dan memahami langkah apa yang perlu ditempuh untuk memecahkan permasalahan tersebut.



JOIN WITH ME