Kamis, 17 Januari 2013

Mengenal rumus absolut Microsoft Excel

Memahami dan mengenal Rumus absolut microsoft excel sangat penting untuk di ketahui. karena rumus absolut digunakan untuk mengunci nama cell yang terdapat di dalam sebuah rumus excel, agar cell yang ada dalam rumus tersebut tidak berubah menjadi nama cell yang lain. Seperti yang sudah di jelaskan di dalam posting sebelumnya tentang mengenal nama cell, bahwa nama cell yang berada di dalam sebuah rumus pasti mengalami perubahan setelah di copy paste. misalkan di cell B5 berisi rumus =A3+C4, kemudian cell B5 di copy ke cell D6, maka rumus yang ada di dalam cell D6 otomatis berubah menjadi =C4+E5.

Adapaun untuk merubah sebuah rumus menjadi sebuah rumus absolut, cukup di tambah dengan symbol $ (dollar) di sebelah kiri Huruf dan Angka dari sebuah nama cell. misalkan =D2 jika di tambahkan dengan tanda $ maka menjadi=$D$2. Pemberian symbol $ (dollar) tidak harus berada sisi kolom dan baris. untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini :


a. Pemberian absolut ($) di kedua sisi kolom dan baris. maka cell yang di pasang absolut maka tidak akan mengalami perubah jika di copy paste. misalkan di cell B2 ada rumus =A2, di rubah menjadi Absolut maka menjadi =$A$2. jika cel B2 di copy ke cell B5 maka hasil seharunya adalah =A5, tetapi karena sudah diberi absolut maka rumus yang ada di cell B5 tidak berubah tetap =$A$2.

b. Pemberian absolut ($) di sisi kiri kolom saja. maka kolom sebuah cell tidak akan berubah menjadi kolom yang lain, tetapi yang masih bisa berubah adalah baris dari sebuah cell. misalkan : di cell B2 berisi rumus =$A2, jika cell B2 di copy ke cell C2  maka hasilnya tetap =$A2. tetapi jika cell B2 di copy ke cell B5 maka isi dari cell B5 berubah menjadi =$A5. Perbuahan baris dari =$A2 menjadi =$A5 di sebabkan karena angka yang mewakili baris tidak di beri tanda absolut (dollar). Sedangkan kolom A tetap tidak mengalami perubahan karena di sisi kiri kolom A ada tanda absolut ($).

c. Pemberian absolut ($) di sisi kiri baris. maka kolom akan mengalami perubahan jika terjadi copy paste, sedangkan untuk baris akan tetap. misalkan =A$2 di ketik di cell B2,  jika cell B2 di copy ke cell B5 maka hasilnya tetap yaitu =A$2, tetapi jika cell B2 di copy ke cell C2 maka isi dari cell C2 akan mengalami perubahan yaitu menjadi =B$2. Perubahan kolom A ke kolom B di sebabkan karena sisi kolom A tidak di beri absolut.

Saya rasa cukup jelas ya..  selamat belajar dan mencoba.