Kamis, 17 Januari 2013

Mengenal rumus dasar excel yang berbentuk symbol

Untuk mengenal rumus dasar excel yang berbentuk symbol, anda harus memahami bahwa setiap penulisan rumus pada Microsoft Excel harus di awali dengan tanda sama dengan (=), Setiap pengetikkan di awali dengan tanda sama dengan (=), maka akan dianggap sebagai sebuah rumus di dalam excel. Microsoft Excel hanya akan menampilkan hasil dari sebuah rumus yang telah di sediakan atau sudah dikenal di dalam excel, jadi penulisan rumus tidak boleh sekehendak pengguna excel. Untuk kali ini kita mulai membahas rumus excel yang berbentuk symbol, seperti yang di bahas pada posting sebelumnya bahwa rumus di dalam excel di bagi menjadi 2 jenis. salah satunya rumus symbol, adapun yang di maksud dengan rumus symbol adalah rumus excel yang karakternya bukan terdiri dari huruf dan angka. Contohnya +, - dan lain-lain. Untuk lebih jelas uraiannya sebagai berikut :



1. Contoh beberapa rumus symbol yang di kenal di dalam excel:
+ (untuk menjumlah)
- (untuk pengurangan)
/ (untuk pembagian)
* (untuk perkalian)
^ (untuk pangkat)

2. Contoh penggunaan rumus excel yang berbentuk symbol :

Contoh penulisan rumus di dalam tabel di atas, langsung menyebutkan nama cell di dalam rumusnya. dan cara seperti di atas lebih efektif dan efesien dibandingkan jika anda menggunakan rumus dengan menyebutkan karakter angkanya langsung. seperti = 5 + 8 . Adapun rumus di atas contoh =A2+B2 maksudnya adalah isi dari cell A2 di tambah dengan isi dari cell B2.

3. Contoh mengkonversi (merubah) rumus matematika ke rumus excel :
untuk merubah sebuah rumus matematika ke dalam rumus yang di kenal oleh excel, maka anda harus menggunakan tanda kurung tutup jika di perlukan, sehingga hasil dari rumus excel sama dengan hasil rumus excel.
Contoh rumus di atas maka rumus excelnya adalah : =(2+6)/5-(8^(3+5))

Tanda kurung diberikan untuk mendahulukan perhitungan, sedangkan untuk pembagian dan perkalian tidak perlu pakai tanda kurung karena sudah otomatis perhitungannya di dahulukan.

Sekian dulu pembahasan untuk mengenal rumus dasar excel yang berbentuk symbol, mudah-mudah cukup jelas.