Senin, 21 Januari 2013

Tips mudah menjadi manusia yang taat



Pada dasarnya sifat manusia ingin menjadi mahluk yang taat, hanya karena suatu kondisi dan lain hal sehingga dia menjadikan ketaatan adalah suatu yang berat untuk di lakukan. Kali ini saya coba share tips mudah menjadi manusia yang taat, berdasarkan pengalaman pribadi dan InsyaAllah tidak menyelisihi dalil yang rojih. Saya pribadi adalah orang memang tidak suka dengan suatu kemaksiatan, tetapi karena suatu kondisi tertentu terkadang saya mulai mencoba perkara yang di larang dari hal yang kecil hingga akhirnya tidak tau lagi sudah berapa besar kemaksiatan yang dilakukan...

Sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk menentang semua perintah dan larangan Allah, karena kita hidup dari rizki yang di karuniakan Allah kepada kita. Seperti halnya kita, jika ada seseorang yang berjasa kepada kita, apakah layak kita membalasnya dengan sikap yang buruk..? Tentu kita akan membalasnya dengan sebuah kebaikkan yang bisa membuat orang tersebut senang. Trus.. seberapa besar jasa setiap manusia kepada kita sehingga kita sangat semangat membalasnya dengan sebuah kebaikkan..? Apakah sebanding dengan apa yang telah Allah karuniakan kepada kehidupan kita..?? 

Lalu bagaimana supaya bisa taat dengan mudah,? karena ketika setiap jiwa ini berusaha bertobat, selalu saja di langgar lagi dengan kemaksiatan.Setiap hati ini ingin taat, tidak lama kemaksiat kembali mengungguli dari pada ketaatan. Memang ingin rasanya membiarkan diri ini larut dalam arus kemaksiatan, tetapi setiap merenung akan besarnya kasih sayang Allah kepada hambanya, membuat hati ini hancur karena tidak mampu untuk menjadi hamba yang taat. Ingin rasanya tidak mau berusaha untuk menggapai ketaatan, tetapi jiwa ini takut jika tidak lama akan di kuburkan dan di suguhkan sisksaan yang membuat diri ini menyesal selamanya.

Sekalipun aku sudah menemukan cara ini, karena suatu kondisi yang sulit untuk ku kondisikan membuatku terus terperosok ke dalam lubang maksiat. Tetapi aku tidak mau menyerah, dan aku berkeyakinan suatu saat sebelum ajalku di jemput aku berharap Allah sempatkan aku untuk bertaubat dan menghapus semua dosaku dengan ketaatan. Dan mati dalam keadaan sedang sholat yang iklas dan khusyuk, serta dalam keadaan khusnul khotimah, dan dosa-dosa sudah di ampuni dan utang-tang yang sudah terlunasi.. Amiin ya Robbal'alamiin..

InsyaAllah tips berikut ini bisa lebih mudah untuk anda lakukan :
  1. Mengurangi banyak keinginan yang bisa menyita isi kepala anda dengan rencana dunia. Terbukti setiap keinginan yang ada selalu mengajak diri untuk lalai dalam mengingat Allah.
  2. Menghindari perselisihan yang disebabkan oleh hasad dan dengki. Belajarlah untuk mencintai karena Allah dan membenci karena Allah. Karena perpecahan hanya akan menyita kita untuk mencari aib lawan dan dendam. dan perpecahan adalah cara ampuh yang di miliki setan untuk menyesatkan manusia ketika manusia tersebut tidak mudah di ajak bermaksiat.
  3. Belajar menghindari kemaksiatan yang di pandang kecil. Dan selalu bertaubat ketika sudah melakukan kemaksiatan dan ketika tidak melakukan kemaksiatan. Karena suatu kemasiatan yang kecil tetapi terus di biarkan maka akan mejadi sebuah lobang yang besar tempat rayuan maksiat masuk.
  4. Mulai memilih teman yang baik, karena lingkungan yang baik akan mendukung kelancaran proses ketaatan. 
  5. Belajar ikhlas dan tawakal ketika musibah menimpa kehidupan kita. Karena terkadang setelah ketaatan datang tentu akan di uji dengan musibah, dan hal ini akan berat jika tidak belajar mengambalikan semua permasalahan kepada sang Pemilik skenario kehidupan, yaitu Allah aza wajalla.
  6. Hindari pujian manusia, karena pujian awal dari kehancuran amal ibadah kita...
Sekian dulu Barrokallohufikum... Afwan..