Sabtu, 12 Januari 2013

Mengenal Cell di dalam Microsoft Excel

Agar mudah dalam memahami Microsoft Excel dan tidak bingung saat menggunakan Microsoft Excel, maka anda terlebih dahulu mengenal cell di dalam microsoft excel. Jika tidak, anda akan kebingungan saat anda akan memadukan beberapa cell di dalam sebuah rumus, hal ini di sebabkan lembar kerja di dalam Microsoft Excel memang terdiri dari cell-cell. Sehingga mau tidak mau anda harus berhubungan dengan sebuah cell saat mengoperasikan sebuah rumus. Untuk mengenal cell anda perhatikan uraian berikut :

1. Sebuah cell memiliki sebuah nama.
Yang disebut cell adalah kotak-kotak yang terdiri dari kolom dan baris yang berada dalam lembar kerja aplikasi Microsoft Excel. Dan setiap cell harus memiliki nama, jika tidak maka sebuah rumus excel yang di buat akan kesulitan mengeksekusi hasil dari sebuah rumus Excel. Adapun nama sebuah cell adalah alamat cell itu sendiri, dan setiap alamat cell terdiri dari kolom dan baris. 

Contoh cell B5, alamat dari cell B5 adalah berada pada kolom B baris ke -5.

2. Perubahan cell yang berada dalam sebuah rumus saat di copy.
Biasanya setiap yang copy pasti sama dengan hasil copiannya (hasil paste). tetapi dalam sebuah rumus yang terdapat cell, jika di copy maka nama cell akan mengalami perubahan sesuai dengan tempat cell yang di paste. 

Contoh di cell B5 ada sebuah rumus =C3, maka jika cell B5 di copy ke cell D3 maka hasil copiannya adalah =E1 . Perhatikan hasil copiannya =C3 berubah menjadi =E1. (lihat gambar berikut)
Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana =C3 berubah menjadi =E1, padahal hasil copy paste. 
Jawabnya adalah :
Hitung selisih kolom dan baris antara tempat cell dengan nama cell yang ada dalam rumus. kemudian cell sebagai tempat hasil paste harus berubah sebesar selisih yang di dapat.
Contoh :
  • Pengetikan rumus di Cell B5
  • Adapun isi dari cell B5 adalah =C3
  • Jarak antara kolom B ke kolom C adalah 1 kolom.
  • Sedangkan jarak antara baris 5 ke baris 3 adalah -2 baris
  • Jika cell B5 di copy ke D3 maka, isi dari cell D3 adalah cell D3 ditambah 1 kolom dan di kurangi 2 baris. sehingga kolom D menjadi kolom E, dan baris 3 menjadi baris 1 (karena di kurangi 2 baris). jadi hasilnya E1.
  • Jadi hasil copy cell B5 ke D3 adalah =E1.

CATATAN : selisih yang ada di cell B5 dengan rumusnya, sama jaraknya dengan selisih rumus yang ada di cell C3, yaitu sama-sama 1 kolom dan sama-sama dikurangi 2 baris.

Saya rasa cukup jelas untuk mengenal cell di dalam microsoft excel. jika ada yang kurang jelas bisa di tanyakan melalui komentar di bawah ini.