Sabtu, 08 Desember 2012

Ini Dia Jimat Pertanda Akan Dapat Wanita

Ini Dia Jimat Pertanda Akan Dapat Wanita


"Nanti kalau menemukan ini, berarti akan dapat cewe," tutur Agus salah satu anak dari suku Dani. Benda ini bukan sebuah jimat penarik wanita, tetapi ini adalah sebuah pertanda baik bagi para pria suku Dani.

Ketika tim kami sedang makan siang bersama, Agus salah seorang remaja dari suku Dani datang dengan mengenakan noken kesayanganya.

Pak Sugeng, tur guide kami pun tertarik dengan hiasan yang dikenakan pada tas noken Agus. Saya pun menjadi penasaran, apa sih yang bergelantungan di noken milik Agus?
Ada banyak sekali aksesoris yang menempel pada tas yang dikenakan oleh Agus. Beberapa di antaranya adalah pupale. Ada yang sudah pernah lihat pupale?

Pupale adalah sebutan dari rumah ulat. Biasanya sering ditemukan menempel pada batang atau kayu pepohonan. Bentuk pupale sekilas mirip sekali dengan bulu unggas, jika mendekat sedikit nampak seperti bulu landak. Tetapi setelah dipegang teksturnya mirip gabah padi.

Menurut kepercayaan masyarakat suku Dani, pupale adalah sebuah pertanda baik bagi orang yang menemukannya. Biasanya orang yang menemukan pupale, kemungkinan besar akan segera mendapatkan kekasih.

Pupale biasanya lebih sering dipakai oleh para pria untuk hiasan noken atau untuk hiasan gantungan kunci.
Waaah siap-siap ditaksir wanita dong klo sudah punya pupale!