Minggu, 09 Desember 2012

Fasih Berperan Waria, Donny Damara Sabet Aktor Terbaik FFI 2012

Fasih Berperan Waria, Donny Damara Sabet Aktor Terbaik FFI 2012

Fasih Berperan Waria, Donny Damara Sabet Aktor Terbaik FFI 2012

Donny Damara dianugerahi Piala Citra sebagai Pemeran Pria Terbaik melalui perannya yang sangat menantang sebagai trans gender dalam film 'Lovely Man'. Donny mengalahkan nominator lainnya seperti Reza Rahadian (Test Pack You're My Baby), Tio Pakusadewo (Rayya, Cahaya di Atas Cahaya), serta dua aktor cilik Emir Mahira (Garuda di Dadaku 2) dan Muhammad Syihab (Cita-Citaku Setinggi Tanah).

Dalam film itu, Donny berperan Syaiful dan Ipuy, sosok yang saling bertolak belakang yaitu seorang ayah dan waria. Dalam film itu, Donny harus berkorban dengan melakoni adegan berlari dengan sepatu berhak tinggi.

Penghargaan yang diterima aktor senior dari Lovely Man merupakan penghargaan keduanya. Pada Maret, Donny memperoleh penghargaan sebagai Aktor Terbaik Se-Asia dalam Festival Film Asia ke-6.

"Tanpa ada sosok Raihanun yang berperan sebagai Cahaya (anak Syaiful), maka peran ini tidak akan ada artinya. Saya juga berterima kasih kepada semua kru yang telah bekerja keras dalam film ini," katanya seusai menerima Piala Citra di Benteng Vredenburg, Yogyakarta, Sabtu (8/12).

Akting Donny sebagai pria transeksual di film garapan Teddy Soeriaatmadja itu memang mendapat acungan jempol dari para penonton saat pemutaran 'Lovely Man'. Untuk mendalami peran tersebut, Donny pernah mengaku jika ia belajar dari teman-temannya sendiri. Donny mengatakan, ia memiliki banyak teman dengan pilihan hidup sebagai transgender. (and)