Minggu, 06 Januari 2013

Fungsi dari beberapa tombol Keyboard



Pada saat anda menggunakan Aplikasi Microsoft Word, maka ada baiknya anda mengenal fungsi dari beberapa tombol keyboard, yang merupakan alat input yang paling dominan di gunakan saat berinteraksi dengan Aplikasi Microsoft Word. Kebanyakan para pengguna hanya menggunakan tombol keyboard sekehendaknya saja, sehingga hasilnya tidak bisa rapi walaupun sudah dibantu dengan pengaturan tools yang ada. Jadi agar hasil naskah ketikan anda bisa di baca dengan rapi maka sebaiknya anda baca fungsi dari beberapa tombol keyboard berikut ini : 

1. Tombol Enter
Tombol Enter hanya berfungsi untuk membuat paragraf baru, tidak boleh digunakan untuk membuat baris baru kecuali untuk nama judul tulisan. Jika Tombol Enter digunakan untuk membuat baris baru  maka hasil ketikan tidak akan bisa rapi, dan akan mengganggu pengaturan-pengaturan ketika menggunakan tool yang ada pada Microsoft Word.

2. Tombol Space
Tombol Space digunakan untuk memberi jarak antar kata sejauh 1 karakter. Hindari penggunaan tombol space untuk lebih dari satu karakter (lebih dari satu kali tekan). Karena akan menyebabkan tulisan tidak rapi dan rata, misalkan pada saat membuat biodata.

3. Tombol Ctrl dan Alt
Tombol Control (Ctrl) dan Tombol Alternatif (Alt) akan berfungsi ketika tombol ini dikombinasikan dengan tombol yang lain. Adapun fungsinya sesuai dengan tombol kombinasinya.

4. Tombol Shift
Tombol Shift berfungsi untuk menampilkan salah satu karakter yang ada pada sebuah tombol keyboard, juga bisa digunakan untuk merubah huruf menjadi huruf besar.

5. Tombol CapsLock
Tombol Capslock untuk mengaktifkan sekaligus mengunci dengan mode tombol huruf besar. Sehingga jika tombol ini ditekan maka semua tombol huruf akan menampilkan huruf besar.
  
6. Tombol Tab
Tombol Tab berfungsi untuk memberi jarak tulisan kebih dari satu karakter. tombol ini hampir sama dengan tombol space, tetapi hanya digunakan untuk memberi jarak yang jauh. contohnya untuk membuat biodata diri.

7. Tombol Numlock
Tombol Numlock berfungsi untuk mengaktifkan dan mengunci mode tombol angka. Jika lampu indikator Numlock menyala maka mode tombol angka di aktifkan. Jika tidak menyala maka tombol angka tidak akan bisa di ketik.
8. Tombol Backspace
Tombol Backspace berfungsi untuk menghapus teks dari sebelah kiri kursor.

9. Tombol Delete
Tombol delete berfungsi untuk menghapus teks dari sebalah kanan kursor.
 
10. Tombol Insert
Tombol insert berfungso untuk menyisipkan karakter di antara karakter yang ada.

11. Tombol Home
 Tombol home berfungsi untuk menempatkan kursor di awal paragraf sebuah naskah.
12. Tombol Print Screen
Tombol Print Screen (prt Scr) berfungsi untuk mengcapture gambar. atau mengcopy tampilan layar kemudian bisa di pastekan di Microsoft Word atau di Ms. Paint