Kamis, 08 Maret 2012

Disable Auto-run

Hallo sobat Gibbs, sudah lama sangat nih Hariez gak posting. Apalagi sewaktu saya lagi di negara Sidonesia jangankan untuk ber-internet, untuk mandi aja jarang! Karena setiap saat harus sibuk dan berlibur ( sibuk kok bisa berlibur ).



Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu untuk kalian yang memiliki komputer atau notebook yang menggunakan sistem operasi windows XP ( kalau windows 7 bisa, tetapi belum pernah dicoba ).

Apa itu ilmunya? Apa hayo?!



Men-disable fitur auto-run.



Mungkin ilmu tentang ini sudah banyak dibahas di berbagai blog dalam maupun luar negeri. Tetapi saya mau membahas lagi agar yang tidak mengerti dapat mengerti dan yang sudah mengerti bisa dikoreksi!

Auto-run terkadang menjengkelkan, misalnya saat kita memasukan keping CD ke cd-rom atau flashdisk ke USB. Maka akan langsung ditampilkan isinya, apalagi jika CD yang kita masukan bermasalah maka tidak jarang membuat komputer kita hang!







Bahkan sekarang virus bisa masuk melalui fitur Auto-run. Cara masuknya virus melalui Auto-run yaitu dengan cara : ketika kita memasukan flashdisk atau CD maka fitur Auto-run aktif namun saat aktif itu virus masuk maka tak jarang terdeteksi oleh anti virus Smadav. Cara untuk men-disable fitur tersebut yaitu :



-> klik kanan pada ikon drive cd atau flashdisk.



-> pilih properties.



-> pilih tabs autoplay. Kemudian disable autoplay dengan memilih "take no action" untuk setiap kategori file yang tertera pada daftar.







Sekian pembahasan tentang Auto-run, mungkin di lain kali akan ada pembahasan tentang komputer lagi. Thanks!