Jumat, 11 Januari 2013

Cara membuat paragraf di dalam Microsoft Excel


Keunikkan di dalam Microsoft Excel adalah pada saat membuat teks yang panjang, maka tidak akan anda temukan teks tersebut membentuk baris kedua dan seterusnya seperti berbentuk sebuah paragraf. Berbeda dengan saat anda menggunakan aplikasi Microsoft Word. Kalau di dalam Microsoft Word anda bebas mengetik sepanjang-panjangnya maka secara otomatis teks akan membentuk sebuah paragraf. Kalau di dalam Microsoft Excel anda harus melakukan beberapa pengaturan agar bisa membuat sebuah paragraf. Untuk cara membuat paragraf di dalam Microsoft Excel maka anda membutuhkan 3 tools yang harus di gunakan. Jika tidak maka teks yang anda buat hanya akan menjadi teks dalam satu baris yang memanjang. Adapun 3 tool tersebut adalah Wrap Text, Merge Cell, Shrink To Fit.

Penjelasan:
  • Wrap Text, berfungsi untuk membuat teks yang panjang membentuk baris kedua, ketiga dan seterusnya sehingga terbentuk sebuah paragraf. Cara penggunaan tools ini, anda blok cell yang ingin di atur kemudian centang atau klik Wrap Text yang ada pada Toolbar atau pada dialog box.
  • Merge Cell, berfungsi untuk menggabungkan beberapa cell menjadi satu cell. Cara penggunaan tools ini cukup dengan blok beberapa cell, kemudian klik merge cell.
  • Shrink To Fit, berfungsi untuk merubah ukuran teks sesuai dengan lebarnya kolom cell. cara menggunakan tool ini juga sama dengan cara sebelumnya yaitu blok cell yang ingin anda atur teksnya, kemudian centang Shrink To Fit yang berada di dalam dialog box.

Adapun letak 3 tools tersebut berada dalam dialog box "Format Cell" bagian tab alignment. Untuk menampilkan dialog box "Format Cell" bisa menggunakan tombol kombinasi CTRL + 1. 

Gambar dialog box Format Cell.

Contoh paragraf di dalam Microsoft Excel yang sudah di lakukan pengaturan.