Sebelum Yamaha menjadi raksasa otomotif seperti sekarang, dulunya perusahaan ini hanya memfokuskan diri sebagai produsen piano. Disinilah awal dimana Yamaha mendulang kesuksesan yang sangat mencengangkan hingga mempunyai banyak jaringan bisnis di seluruh dunia. Tidak salah jika akhirnya menobatkan dirinya sebagai produsen piano terbesar di dunia hingga saat ini.
Genichi Kawakami, CEO Yamaha saat itu langsung memberanikan diri dalam meluaskan bidang usaha Yamaha dengan menyasar segmen kendaraan bermotor. Didirikanlah Yamaha Motor tepat pada 1 Juli 1955. Memang keputusan ini dirasa sangat berani, mengingat Produk Piano dan Sepeda Motor tidak saling berkaitan dalam hal sumber bahan baku dan produksinya. Namun lewat tangan dinginnya, dilanjutkan CEO - CEO selanjutnya yang juga sangat brilian, Yamaha semakin meroket usaha bisnisnya dengan Yamaha Motor sebagai induk bisnis.
Di Indonesia sendiri, jaringan bisnis Yamaha ini mempunyai nama resmi PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., menjadi bagian dari Yamaha Motor Company, Ltd. yang berkantor pusat di Jepang. Kapasitas produksi motornya Yamaha Indonesia Motor sangat luar biasa, yaitu mencapai 3500 motor per hari. Sementara tingkat penjualannya juga tak kalah menarik, tembus di angka 3,914 juta unit atau menyumbang 50% total penjualan Yamaha diantara negara Amerika, China, India dan Vietnam. PT Yamaha Motor Indonesia berhasil membukukan penjualan 6,96 juta unit, meningkat tipis 6,98 juta unit.
Tak heran jika akhirnya Yamaha Motor Indonesia banyak mendapatkan penghargaan bergengsi atas sejumlah prestasinya. Beberapa di antaranya adalah ICSA Award (2004 – 2006), Marketing Award (2006), dan TV Ad Monitor (2006). Tidak hanya itu sertifikat ISO 9001:2000 juga telah didapatkan oleh Yamaha Motor Indonesia.
Prestasi yang ditorehkan Yamaha Motor Indonesia didukung lebih dari enam ribu karyawan dengan tiga assembly line yang beroperasi selama 24 jam non stop. Yamaha Motor Indonesia juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan part inventory yang besar. Yamaha Motor Indonesia saat ini memiliki 1200 bengkel resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia serta didukung oleh tenaga mekanik berpengalaman.
Genichi Kawakami, CEO Yamaha saat itu langsung memberanikan diri dalam meluaskan bidang usaha Yamaha dengan menyasar segmen kendaraan bermotor. Didirikanlah Yamaha Motor tepat pada 1 Juli 1955. Memang keputusan ini dirasa sangat berani, mengingat Produk Piano dan Sepeda Motor tidak saling berkaitan dalam hal sumber bahan baku dan produksinya. Namun lewat tangan dinginnya, dilanjutkan CEO - CEO selanjutnya yang juga sangat brilian, Yamaha semakin meroket usaha bisnisnya dengan Yamaha Motor sebagai induk bisnis.
Di Indonesia sendiri, jaringan bisnis Yamaha ini mempunyai nama resmi PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., menjadi bagian dari Yamaha Motor Company, Ltd. yang berkantor pusat di Jepang. Kapasitas produksi motornya Yamaha Indonesia Motor sangat luar biasa, yaitu mencapai 3500 motor per hari. Sementara tingkat penjualannya juga tak kalah menarik, tembus di angka 3,914 juta unit atau menyumbang 50% total penjualan Yamaha diantara negara Amerika, China, India dan Vietnam. PT Yamaha Motor Indonesia berhasil membukukan penjualan 6,96 juta unit, meningkat tipis 6,98 juta unit.
Tak heran jika akhirnya Yamaha Motor Indonesia banyak mendapatkan penghargaan bergengsi atas sejumlah prestasinya. Beberapa di antaranya adalah ICSA Award (2004 – 2006), Marketing Award (2006), dan TV Ad Monitor (2006). Tidak hanya itu sertifikat ISO 9001:2000 juga telah didapatkan oleh Yamaha Motor Indonesia.
Prestasi yang ditorehkan Yamaha Motor Indonesia didukung lebih dari enam ribu karyawan dengan tiga assembly line yang beroperasi selama 24 jam non stop. Yamaha Motor Indonesia juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan part inventory yang besar. Yamaha Motor Indonesia saat ini memiliki 1200 bengkel resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia serta didukung oleh tenaga mekanik berpengalaman.
Setelah lebih dari 50 tahun berkiprah, Yamaha Motor kini mampu menghadirkan beragam produk kendaraan bermotor berkualitas. Di tanah air, kehadiran Yamaha Motor Indonesia dengan aneka produk seperti Mio, Soul, Vega, Jupiter, Scorpio, dan ATV terbukti mampu menarik minat masyarakat. Produk terbarunya adalah Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1. Oleh karena itu, motor Yamaha menjadi salah satu motor favorit. Bahkan masyarakat selalu memberikan respon positif terhadap setiap produk motor Yamaha