Senin, 03 Desember 2012

Pemerintah Targetkan Kurangi 1 Juta Penganggur pada 2013

Pemerintah Targetkan Kurangi 1 Juta Penganggur pada 2013

Pemerintah Targetkan Kurangi 1 Juta Penganggur pada 2013 |   Pemerintah menargetkan penyerapan tenaga kerja tahun 2013 meningkat hingga 1 juta orang per tahun dari saat ini sekitar 500.000 orang per tahun. Jika terealisasi, pemerintah memprediksi angka pengangguran turun hingga 5 persen pada tahun 2014 .
"Sekarang 6,1 persen angka pengangguran," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/12/2012). 

Hatta mengatakan, dirinya ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai ketua job creation untuk meningkatkan lapangan kerja di berbagai sektor. Kuncinya, kata dia, menjaga pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi. 

Menurut Hatta, yang terpenting mendorong pembukaan lapangan kerja yang padat karya. "Bagi perusahaan-perusahaan yang bisa memperkerjakan banyak tentu akan kami berikan intensif fiskal di situ," katanya.
Sebelumnya, Presiden meminta agar semua pihak memanfaatkan pertumbuhan ekonomi yang positif di Indonesia untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Presiden meminta agar dibuka lapangan sebesar-besarnya hingga 2014 . 

Selain menciptakan lapangan kerja, Presiden meminta agar jangan ada pemutusan hubungan kerja massal ke depan yang akan menambah pengangguran baru. Iklim dunia usaha, kata Presiden, harus terus diperbaiki seperti perbaikan infrastruktur dan penghapusan pungutan liar.
Sumber :
http://nasional.kompas.com
Editor :
Hindra